hayed consulting
hayed consulting
lpdb koperasi
Berita  

BPN Tetap Buka Saat Libur Nataru, Warga: Pelayanannya Luar Biasa

ATR/BPN tetap memberikan pelayanan publik meski di tengah libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

PeluangNews, Jakarta – Komitmen Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dalam memberikan pelayanan publik tetap berjalan meski di tengah libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Layanan pertanahan yang dibuka pada hari libur ini dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat yang selama ini kesulitan mengurus administrasi di hari kerja.

Salah satunya dirasakan Tri Ayu Setiani (26), warga Jakarta Selatan, yang mengaku terkejut sekaligus kagum saat mendapati Kantor Pertanahan tetap beroperasi di hari libur. Ia mengapresiasi dedikasi para petugas yang tetap melayani masyarakat di tengah momen libur panjang.

“Ini pelayanan luar biasa banget. Saya sempat tanya ke petugasnya kapan liburnya. Libur Natal ini saja tetap masuk dan buka, besok juga masih buka, tanggal 1 Januari buka terus,” ujar Tri Ayu saat ditemui di Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kamis (25/12/2025).

Apresiasi serupa disampaikan Hendrawan (60), warga Jakarta Barat, yang memanfaatkan layanan pertanahan pada libur panjang Nataru, Jumat (26/12/2025). Menurutnya, pelayanan di hari libur sangat membantu masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu karena kesibukan pekerjaan.

“Sangat bermanfaat sekali, di hari kerja itu memang sulit bagi kami. Pelayanan seperti ini betul-betul saya apresiasi, dan kalau bisa dicontoh kementerian lain itu sangat luar biasa,” ucap Hendrawan.

Kebijakan tetap beroperasinya layanan pertanahan selama libur Nataru diterapkan di Kantor Pertanahan seluruh Indonesia. Koordinator Substansi Penetapan Hak Wilayah 1 Kantor Pertanahan Kota Administrasi Jakarta Barat, Dian Adiansyah Syarif, menjelaskan bahwa di kantornya terdapat 12 petugas yang ditugaskan untuk memastikan layanan tetap berjalan.

“Berdasarkan data hari ini ada sekitar 20 orang masyarakat yang datang. Pelayanannya beragam, mulai dari pengambilan sertipikat, permintaan informasi, ganti blanko, pendaftaran perubahan hak, peralihan hak waris, SK hak, sampai pengukuran,” kata Dian.

Ia menambahkan, mekanisme penjadwalan dan pembagian tugas telah diatur melalui surat tugas dari kepala kantor yang diterbitkan dua hari sebelumnya. Dengan pembagian peran yang jelas, layanan dapat berjalan lancar tanpa kendala berarti.

“Teman-teman yang ditugaskan memang sudah sesuai porsinya masing-masing. Alhamdulillah tidak ada kesulitan berarti karena petugas di loket dan bagian lain memang sudah berkompeten dan itu tugas sehari-hari mereka,” ujarnya.

Selama libur Nataru, Kantor Pertanahan tetap memberikan tiga jenis layanan utama, yakni pemberian informasi terkait administrasi pertanahan, penerimaan pendaftaran layanan pemeliharaan data pertanahan, serta penyerahan produk layanan berupa sertipikat yang telah selesai diproses.

Layanan ini dapat diakses masyarakat pada 25–26 Desember 2025 serta 1 Januari 2026, dengan jam operasional pukul 09.00 hingga 12.00 waktu setempat.

pasang iklan di sini
octa vaganza