octa vaganza

BNI Gandeng Platform Parenting Orami Dukung UMKM

JAKARTA—-Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk  menggandeng  platform parenting Orami dalam bentuk pemberian kredit modal kerja bagi Sooplai.  Anak perusahaan dan platform B2B2C digital yang dinaungi Orami menyediakan berbagai produk ibu dan anak di toko ritel.

Direktur Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah BNI, Muhammad Iqbal menerangkan para mitra usaha Sooplai akan mendapat kemudahan fasilitas pembiayaan atau store financing dari perseroan setiap pembelian produk perlengkapan ibu dan anak dalam ekosistem platform.

“Bantuan modal kerja juga diberikan kepada para mitra usaha Sooplai yang mencakup ribuan toko ritel luring di seluruh Indonesia,” ujar Iqbal dalam keterangan resminya, Senin (13/9/21).

Lanjut dia, kerja sama ini sebangun dengan misi BNI selaku bagian BUMN Bank  untuk meningkatkan perekonomian Indonesia melalui pengembangan UMKM.

Perkembangan e-commerce di Indonesia cukup pesat dalam 27 tahun terakhir. Berbelanja di e-commerce juga semakin marak seiring pandemi Covid-19 yang mewabah sejak Maret 2020.

Semula sebagian besar transaksi dilakukan secara tatap muka, kemudian berubah menjadi secara daring. Hal tersebut ikut merubah pola transaksi, yang semula didominasi oleh transaksi tunai, berubah menjadi non tunai atau cashless yang dilakukan secara online, seperti melalui mobile banking hingga QR payment.

Data Bank Indonesia memprediksi perdagangan e-commerce dan marketplace pada 2021 tumbuh 33,2 persen dari tahun 2020. Adapun kondisi tersebut memicu peningkatan penggunaan uang elektronik sebesar 33,2 persen.

Survei Bank Indonesia pada masa pandemi menungkapkan  sebesar 27,6 persen pelaku UMKM mengalami peningkatan penjualan dengan pemasaran daring. Peran digitalisasi bagi pelaku usaha termasuk UMKM menjadi keniscayaan.

“Terbuka peluang bagi perbankan untuk mengembangkan berbagai produk dan layanannya masa mendatang, sejalan dengan perkembangan dan perubahan pola transaksi masyarakat,” pungkasnya.

Exit mobile version