hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza
UMKM  

BI Dorong UMKM Kopi Indonesia Tembus Pasar Afrika

Sumber: https://www.marrakechfest.com/

PeluangNews, Jakarta — Bank Indonesia menggandeng 7 UMKM kopi dan 2 UMKM teh dari berbagai daerah di Tanah Air untuk mengikuti ajang The Marrakech Coffee & Tea Festival 2025  yang digelar di Maroko, Afrika Utara.

Melalui kerja sama dengan KBRI Rabat, inisiatif ini menjadi bagian adari upaya Bank Sentral untuk memperkuat diplomasi ekonomi melalui promosi kopi dan teh Indonesia ke pasar Afrika.

Langkah ini merupakan upaya memperluas akses pasar, mendorong ekspor bernilai tambah, dan membuka peluang kemitraan dagang baru di kawasan Afrika Utara dan Timur Tengah. Keikutsertaan Indonesia dalam gelaran promosi pada 6–8 Desember 2025 di Marrakech Expo Park, Maroko ini menjadi momentum strategis untuk meningkatkan visibilitas produk Indonesia di pasar nontradisional sekaligus mendukung akselerasi UMKM berdaya saing.

Gelaran ini juga menjadi platform pertemuan bisnis dan perluasan jejaring perdagangan internasional.

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, Destry Damayanti, mengatakan potensi ekspor kopi Indonesia yang terus meningkat. Pada 2024, Indonesia menjadi produsen kopi terbesar keempat dunia dengan nilai ekspor mencapai USD 1,6 miliar, seiring meningkatnya permintaan kopi Arabica specialty.

Pasar utama ekspor kopi Indonesia berkembang di Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika Utara. Kinerja positif juga terlihat pada ekspor teh Indonesia, yang mencapai USD 52,8 juta dan mulai menembus pasar Afrika.

“Di setiap cangkir kopi terdapat kisah tentang komunitas, para petani, perempuan penyortir, UMKM, inovator muda, hingga barista, yang menjadi ‘rasa rahasia’ kopi Indonesia,” ujarnya ketika berbicara dalam talkshow di kegiatan pameran tersebut melalui keterangan pers BI yang dirilis Selasa (9/12).

Booth Indonesia berhasil menarik perhatian pengunjung pameran tersebut karena cita rasa kopi Indonesia dinilai lebih kaya dan berkualitas. Selain Indonesia, negara produsen kopi dan teh, seperti Peru, Uganda, dan Rwanda turut meramaikan festival ini.

Sepanjang 2025, berbagai kegiatan promosi ekspor, seperti Karya Kreatif Indonesia, Foodex Jepang, FHA Singapore, Seoul Food Expo, World of Coffee Jakarta, Singapore Coffee Week, dan Trade Expo Indonesia, telah menghasilkan komitmen pembelian kopi dan teh senilai Rp309 miliar.

 

pasang iklan di sini