Bertengger Di Deretan Koperasi Besar Indonesia

Koperasi Konsumen Kana untuk pertama kalinya berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi dalam peluncuran buku 100 Koperasi Besar Indonesia 2025 dan awarding koperasi berprestasi.

Meski baru berusia dua tahun sejak didirikan pada 30 April 2023, namun Koperasi Konsumen Kana berhasil masuk dalam jajaran Koperasi Besar Progresif Indonesia. Ini tidak lepas dari pertumbuhan kinerja dan kontribusinya dalam mendorong produk-produk UMKM lokal seperti gula merah dan sarang burung walet ke pasar global.

Jonathan Danang Wardhana, Ketua Kopmen Kana memang punya strategi pengembangan usaha yang belum banyak dilakukan oleh koperasi di tanah air. Koperasi berbasis di Surabaya itu bergerak mengumpulkan produk-produk unggulan anggota bernilai ekonomis untuk dijual ke pasar ekspor.

“Sejak awal didirikan kami fokus untuk membawa produk lokal anggota ke pasar global,” ungkap Danang.

Selain memasarkan produk anggota, Kana juga memberikan pelatihan peningkatan hasil produksi anggota agar sesuai dengan standar internasional. Ini penting agar bisa bersaing dengan produk dari negara lain.

Salah satu cara efektif yang dilakukan Danang dan timnya dalam menembus pasar ekspor adalah mengikuti pameran dagang internasional. Seperti pada tahun lalu yang mengikuti event Hong Kong Trade Development Council (HKTDC) dan Foodex Japan yang merupakan pameran perdagangan makanan terbesar di Asia.

Kinerja Kopmen Kana tumbuh melesat dengan pencapaian aset sebesar Rp105,75 miliar pada 2024, dengan volume usaha sebesar Rp165,28 miliar. Koperasi ini juga didukung dari partisipasi anggota sebanyak 283 orang.

Atas kinerja dan kontribusinya dalam meningkatkan kesejahteraan anggota, Kopmen Kana mendapatkan penghargaan bergengsi dalam peluncuran buku 100 Koperasi Besar Indonesia 2025 sekaligus awarding kepada koperasi berprestasi. Acara dilaksanakan di The Trans Resort Bali, 19 Juni 2025.

Danang secara langsung menerima penghargaan tersebut. “Penghargaan ini bukan hanya milik Koperasi Kana, tetapi juga milik seluruh anggota dan tim yang telah bekerja keras. Pencapaian ini menguatkan tekad kami untuk terus berinovasi dan memberikan manfaat lebih banyak lagi bagi masyarakat,” pungkasnya.

Penghargaan ini semakin melecut motivasi Kana dalam meningkatkan daya saing produk lokal di pasar dunia. Semakin banyak produk anggota yang menembus pasar ekspor akan berdampak positif terhadap kesejahteraan anggota.(Kur)

Exit mobile version