octa vaganza

BCA Siapkan “E-Commerce” Khusus UMKM Lokal

JAKARTA-— PT Bank Central Asia Tbk akan meluncurkan platform belanja daring (e-commerce) bertajuk BCA UMKM Fest, khusus untuk memasarkan produk UMKM lokal. Platform yang bernama BCA UMKM Fest ini berbeda dengan e-commerce biasa, platform ini khusus menjual produk UMKM okal.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menyampaikan platform ini diperuntukkan bagi UMKM yang belum piawai terjun ke platform e-commerce pada umumnya.

“Selama Covid-19 mobilitas berkurang, masyarakat tidak bisa ke toko, tapi mau beli KPR, mau beli mobil, dan lain-lain. Berkaca dari itu, kami coba upayakan punya platform virtual UMKM lokal,” ujar Jahja  dalam keterangan resmi, Jumat (16/4/21).

Jahja mengungkapkan  ada sekitar 1.500 UMKM yang akan bergabung dalam platform tersebut, setelah berhasil melewati sesi kurasi. Melalui ecommerce, dia ingin para UMKM bisa meningkatkan penjualan khususnya ketika masyarakat berbondong-bondong memenuhi kebutuhan puasa dan Lebaran.

BCA UMKM Fest  menyediakan opsi pembayaran dan pengiriman seperti halnya e-commerce umumnya.  Pembayaran sebagian besar menggunakan kartu online payment BCA. Sementara pengiriman dilakukan seperti e-commerce umumnya melakukan, ada dukungan dua perusahaan logistik.

Para UMKM akan diberikan pembimbingan tata cara penjualan daring. Pihak bank juga bersedia memberikan akses pembiayaan bagi UMKM yang memang niat bertumbuh.

Tak hanya itu, BCA telah meminta bantuan kepada Kementerian Perdagangan dan Kementerian Luar Negeri untuk memberikan akses bagi para UMKM yang siap melakukan ekspor, salah satunya berkenalan dengan konsulat dagang luar negeri.

“Kita bantu mereka yang interest ekspor. Kami hubungi Ditjen perdagangan (Kemendag). Kami punya bank aliansi di negara lain yang membantu, sehingga kalau ada nasabah butuh market di luar, atau nasabah bank sana perlu operasi di Indonesia, kami akan bantu,” ucapnya.

Dari 1.500 UMKM yang mengikuti program, tercatat ada 80 UMKM yang siap ekspor. Lalu, ada pula 28 calon pembeli dari luar negeri yang telah menyatakan minatnya pada produk-produk lokal tersebut.

“Pembeli overseas yang sudah berkomitmen membeli seperti dari India, Perancis dan lain-lain. Produknya bermacam-macam mulai dari food and beverage, kayu furniture, fashion,” tutupnya.

Exit mobile version