JAKARTA—-Bank Bukopin hari ini memperkenalkan layanan Virtual Interactive Online Assistant bertajuk Viola.
Layanan ini inovasi digital banking yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan. Tujuannya agar masyarakat mendapatkan informasi seputar layanan Perbankan dengan lebih mudah dan cepat.
Uji coba pilot project layanan Viola tersebut dilakukan oleh Direktur Utama Bank Bukopin Eko Rachmansyah Gindo bersama Direktur Operasi & Teknologi Informasi Adhi Brahmantya, dan disaksikan oleh General Manager Operasional Titis Savitri, General Manager Teknologi Informasi M. Agus Setiono beserta jajaran manajemen lainnya.
Dengan Viola masyarakat mudah mengakses informasi transaksi perbankan khususnya pembukaan rekening baru, setor tunai, tarik tunai, aktivasi kartu kredit, dan blokir kartu serta layanan informasi pribadi nasabah seperti informasi saldo, rekening koran dan informasi seputar kartu kredit Bank Bukopin.
Selain itu, sebagai bentuk representasi virtual dari customer service, Viola juga dapat menyajikan informasi seputar produk perbankan yang dimiliki Bank Bukopin, seperti jenis tabungan, giro, deposito, dan lainnya.
Teknologi yang digunakan pada layanan digital Viola merupakan pengembangan dari artificial intelligence berbentuk chatbot yang dapat mendeteksi pertanyaan dan secara langsung dapat merespon pertanyaan atau permintaan yang diajukan oleh nasabah.
Direktur Operasi & Teknologi Informasi Adhi Brahmantya mengatakan melalui layanan digital Viola, Bank Bukopin berharap dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan dan aman.
“Jika melakukan transaksi menggunakan Viola, nantinya masyarakat akan mendapatkan kode transaksi dan dapat langsung bertransaksi dengan teller tanpa harus mengisi form/slip transaksi. Dengan demikian dapat mempercepat proses transaksi,” ujar Adhi pada saat acara peluncuran di Jakarta, Kamis (12/12/19).
Adhi Brahmantya menjelaskan untuk dapat menggunakan layanan Viola, nasabah dapat mengunjungi website Bank Bukopin di https://www.bukopin.co.id dengan memilih atau mengklik menu Viola dan selanjutnya nasabah dapat mengetik atau memberikan perintah suara “Hai Viola”, kemudian secara otomatis Viola akan melayani nasabah sesuai fitur yang tersedia dan menyambungkan ke customer service untuk layanan perbankan lainnya.
“Peluncuran layanan digital Viola tersebut menjadi salah satu strategi Perseroan untuk memperkuat bisnis perbankan digital Bank Bukopin,” ujarnya.