Bisnis  

AZKO Bukukan Laba pada 2024 sebesar Rp892 Miliar

dok.ist

Peluang News, Jakarta — PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk – emiten pengelola toko ritel AZKO (sebelumnya bernama Ace Hardware) berhasil mencatat kenaikan laba sebesar Rp 892 miliar pada 2024 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya, sebesar Rp 770 miliar atau tumbuh 15,8%.

Pada periode tersebut, penjualan bersih perusahaan itu tumbuh 12,6% menjadi Rp 8,58 triliun, didukung oleh meningkatnya permintaan produk, strategi branding dan pemasaran yang agresif, serta optimalisasi layanan omnichannel sebagai the future of retail.

Perusahaan juga terus mengembangkan dan memperkuat portofolio produk melalui 52 home brands yang tersedia di toko AZKO seperti KRISBOW, KRIS, KLAZ, STORA, SOLEIL, dan lainnya yang telah dikenal dekat oleh konsumen Indonesia.

Direktur PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk, Gregory S. Widjaja mengatakan pencapaian kinerja pada tahun 2024 didukung oleh efektivitas strategi ekspansi dan inovasi, sehingga tidak hanya mendorong pertumbuhan bisnis tetapi juga meningkatkan kepuasan pelanggan.

“Capaian positif ini mencerminkan performa perusahaan yang solid seiring dengan langkah strategis yang kami lakukan dengan meluncurkan AZKO di awal tahun 2025. Ke depan, kami akan terus memperkuat ekosistem ritel yang terintegrasi dan memperluas jangkauan ke lebih banyak wilayah di Indonesia, baik secara fisik maupun omnichannel,” ujarnya melalui keterangan pers yang disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia, belum lama ini.

Dia optimistis tahun 2025 akan menjadi momentum pertumbuhan yang lebih besar, menciptakan peluang baru, mendorong inovasi yang lebih luas, dan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi masyarakat.

Hingga akhir Desember 2024, Perusahaan itu mencatatkan Same Store Sales Growth (SSSG) tahunan sebesar 8,8%, melampaui panduan sebelumnya sebesar 8% dan lebih tinggi dari tahun sebelumnya sebesar 8,1%.

Pertumbuhan tersebut didorong oleh peningkatan penjualan di luar Pulau Jawa yang mencatatkan SSSG sebesar 11,1%, sementara wilayah Jawa (di luar Jakarta) tumbuh 8,6%, dan Jakarta sendiri mencatat pertumbuhan 5,0%.

Dengan menerapkan langkah ekspansi layanan di tahun 2024, Perusahaan berhasil membuka sejumlah toko baru, termasuk diantaranya dengan menjangkau delapan wilayah baru, yakni Banyuwangi, Garut, Banda Aceh, Tanjungpinang, Ternate, Palopo, Parepare, dan Bitung.

Perusahaan tersebut optimistis dapat terus memacu pertumbuhan di tahun 2025 seiring dengan peluncuran AZKO sebagai langkah transformasi bisnis yang berkelanjutan.

Melanjutkan strategi ekspansi yang efektif untuk menjangkau pelanggan baru di seluruh Indonesia, emiten dengan kode saham ACES itu telah membuka empat toko AZKO di kuartal satu tahun 2025, termasuk melebarkan sayap hingga ke kawasan paling timur di Indonesia, Papua. Dengan langkah strategis ini, Perusahaan kini mengoperasikan lebih dari 240 toko AZKO di lebih dari 70 kota di seluruh Indonesia, menegaskan komitmennya dalam menghadirkan solusi inovatif dan inspiratif bagi pelanggan.

Selain ekspansi fisik, Perusahaan itu juga terus berinvestasi dalam transformasi digital untuk semakin selaras dengan kebutuhan konsumen, meningkatkan efisiensi operasional, menjaga profitabilitas, dan mendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Exit mobile version