Berita  

KAI Jual 163.341 Tiket Kereta Api Saat Arus Balik Libur Panjang Ini

KAI Amankan Barang Tertinggal Senilai Rp1,28 Miliar Selama Angkutan Lebaran 2025
Ilustrasi/Dok Foto: PT KAI

PeluangNews, Jakarta – Minat masyarakat untuk menggunakan kereta api saat bepergian terus bertambah. Hal ini terbukti dari penjualan tiket kereta api untuk keberangkatan, Minggu (1/6) atau hari pertama arus balik libur panjang memperingati Kenaikan Yesus Kristus mencapai 163.341 dari total kapasitas 170.899 kursi, atau setara 96%.

Menurut Vice President Public Relations KAI Anne Purba, angka tersebut masih akan terus bertambah seiring masih berlangsungnya proses penjualan, sehingga penting bagi calon penumpang untuk mengamankan tiket arus balik.

“KAI mengimbau masyarakat yang akan kembali dari libur panjang segera melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi Access by KAI atau situs resmi booking.kai.id agar tidak kehabisan tiket dan bisa merencanakan perjalanan dengan nyaman,” kata Anne dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu (1/6/2025).

Dia mengatakan, secara kumulatif, selama periode 28 Mei hingga 1 Juni 2025, sebanyak 807.604 tiket telah terjual, atau 96% dari total kapasitas 841.289 kursi yang disediakan.

KA Jarak Jauh masih menjadi pilihan utama dengan 672.101 pelanggan, sementara KA Lokal yang dikelola KAI melayani 135.503 pelanggan.

Anne mengutarakan sejak hari pertama liburan, okupansi kereta api telah menunjukkan angka tinggi, bahkan melampaui 100% pada 28 dan 29 Mei.

“Ini dimungkinkan berkat sistem dinamis naik-turun penumpang di berbagai stasiun yang memungkinkan satu tempat duduk digunakan oleh lebih dari satu pelanggan dalam satu hari,” ujar dia.

“Tren ini menunjukkan kepercayaan yang terus meningkat dari masyarakat terhadap moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama untuk perjalanan liburan,” kata dia.

Adapun 10 relasi terpadat selama liburan di antaranya Pasar Senen – Surabaya Pasar Turi (21.276 pelanggan), Surabaya Pasar Turi – Pasar Senen (20.840 pelanggan), Malang – Pasar Senen (13.296 pelanggan), Solo Balapan-Semarang Tawang Bank Jateng (12.806 pelanggan), Pasar Senen – Malang (12.790 pelanggan), Semarang Tawang-Gambir (11.591 pelanggan), dan Gambir-Semarang Tawang (11.435 pelanggan).

“KAI terus berkomitmen untuk menyediakan transportasi yang aman, andal, dan nyaman bagi seluruh pelanggan, serta mengimbau agar masyarakat merencanakan perjalanan dengan baik dan memanfaatkan Access by KAI dan laman booking.kai.id untuk pembelian tiket,” ucap Anne, menambahkan. []

Exit mobile version