
Peluang News, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyampaikan, pihaknya telah menjual lebih dari 1.457.452 tiket kereta api jarak jauh selama periode Lebaran atau Idul Fitri 2024.
Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan, jumlah itu terpantau berdasarkan data hingga hari ini, Sabtu (16/3/2024).
“Berdasarkan pantauan data pada Sabtu, 16 Maret 2024, tiket Kereta Api jarak menengah atau jauh yang terjual pada periode H-10 (31 Maret) hingga H+10 (21 April) adalah sebanyak 1.457.452 tiket,” kata Joni dalam keterangan resminya, Sabtu (16/3/2024).
Menurutnya, jumlah tiket yang terjual ini akan terus meningkat karena penjualan tersebut masih terus berlangsung.
Ia menjelaskan, jutaan tiket tersebut mencakup sekitar 45 persen dari total yang disediakan yaitu sebanyak 3.209.991.
Adapun pemesanan tiket Kereta Api jarak menengah atau jauh terbanyak terjadi pada H+3 Lebaran atau Minggu (14/4/2024) dengan jumlah 98.468 tiket.
Sedangkan yang paling sedikit terjadi pada H+10 Lebaran atau Minggu (21/4/2024).
Sementara untuk Kereta Api (KA) jarak menengah atau jauh favorit pada periode angkutan Lebaran 2024, di antaranya yaitu KA Airlangga relasi Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi (PP), KA Bengawan relasi Pasarsenen-Purwosari (PP), KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan-Ketapang (PP), dan KA Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar (PP).
Kemudian, KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng (PP), KA Matarmaja relasi Pasarsenen-Malang (PP), KA Kertajaya relasi Pasarsenen-Surabaya Pasarturi (PP), KA Jayakarta relasi Pasarsenen-Surabaya Gubeng (PP), KA Progo relasi Pasarsenen-Lempuyangan (PP), dan KA Logawa relasi Purwokerto-Jember (PP).