hayed consulting
hayed consulting
octa vaganza
UMKM  

10 Tahun Shopee dan Transformasi Digital UMKM

Shoppe.
Shopee.

PeluangNews, Jakarta-Shopee merayakan ulang tahunnya yang ke-10 dengan meluncurkan laporan dampak perdana berjudul Shopee: Satu Dekade Ciptakan Dampak bagi Penjual serta serial dokumenter Shopee: Melestarikan Warisan Budaya. Shopee menyatakan bahwa kedua inisiatif ini menjadi penanda bagaimana bisnis dan komunitas lokal di berbagai negara memanfaatkan platform dan ekonomi digital untuk bertumbuh, menjaga nilai budaya, dan meningkatkan kualitas hidup selama satu dekade terakhir.

Sejak hadir pada 2015, Shopee menegaskan komitmennya untuk membantu para penjual, khususnya UMKM, agar dapat berkontribusi dan berkembang di ekonomi digital. Platform ini mencatat UMKM di berbagai negara berhasil mencapai penjualan lebih dari US$270 miliar secara global. Shopee menyebut angka tersebut sebagai bukti transformasi e-commerce dalam mendorong pertumbuhan bisnis dan membuka peluang ekonomi baru.

Sejumlah UMKM yang bergabung meningkat dua kali lipat setiap tahun, dan 80 persen di antaranya beroperasi di luar ibu kota. Para penjual memanfaatkan Shopee untuk menjangkau pembeli baru, baik di pasar domestik maupun internasional. Mereka juga memperkuat kemampuan digital melalui program Shopee University yang telah diikuti lebih dari 7,6 juta UMKM melalui lebih dari 1.500 modul pembelajaran online dan pelatihan langsung di 318 kota Asia Tenggara dan Taiwan.

Chief Operating Officer Shopee, Terence Pang, mengatakan, satu dekade terakhir merupakan masa penuh perubahan besar. Ia menegaskan rasa terima kasihnya kepada jutaan penjual yang telah tumbuh bersama Shopee dan terus memanfaatkan ekosistem e-commerce untuk meraih kesuksesan lebih besar.

“Penjual UMKM semakin memaksimalkan fitur konten seperti Shopee Live dan Shopee Video untuk berinteraksi dengan pembeli. Shopee mencatat adanya kenaikan pesanan lebih dari 300 persen setiap tahun dari para penjual yang memanfaatkan Shopee Live. Selain itu, program Shopee Affiliate Marketing Solutions turut membantu penjual memperluas visibilitas dengan kontribusi peningkatan pesanan hingga 30 persen melalui kolaborasi bersama kreator konten dan KOL,” katanya.

Bagi penjual yang ingin memperluas pasar ke luar negeri, Shopee menjalankan program Shopee Export Programme. Sejak 2018, lebih dari 2,1 juta UMKM telah bergabung dalam program ekspor ini untuk mendaftarkan produk mereka ke berbagai negara.

Pengguna Shoppe di lebih dari 400 kota di Asia Tenggara dan Taiwan aktif berbelanja, dengan lebih dari 140 miliar produk dikirimkan ke pembeli di luar kota besar. Selain membuka akses, Shopee juga berkontribusi pada kesempatan kerja lokal, di mana 97 persen karyawan adalah talenta daerah, serta 23 juta kreator dan afiliasi telah bergabung dalam program Shopee Affiliate yang mencatat pertumbuhan pendapatan rata-rata lebih dari 90 persen setiap tahun.

Untuk menandai satu dekade perjalanannya, Shopee merilis serial dokumenter Shopee: Melestarikan Warisan Budaya yang menampilkan kisah para penjual lokal di berbagai negara. Shopee mengatakan, dokumenter ini mengangkat tujuh tema utama: semangat, tradisi, transformasi, modernisasi, warisan, komunitas, dan pemberdayaan perempuan.

pasang iklan di sini